SUZUKI SATRIA SANG KESATRIA LOKAL

Posted: May 20, 2010 in otomotif
Tags: , , , ,

Ok, saya beri judulnya demikian karena inilah satu-satunya produk Suzuki yang dinamai dengan bahasa Indonesia. Selebihnya, line up “satu perguruannya” dinamakan dengan nama-nama yang berbau budaya bangsa lain, mulai dari Tornado GS, Tornado GX, Shogun, Arashi, Skywave, Smash, Tunder dan sebagainya. Bahkan hingga sekarangpun SATRIA lah satu-satunya produk Suzuki yang masih memegang kearifan lokal budaya bangsa Indonesia.

Ketertarikan saya tidak berhenti sampai di situ, kearifan lokal yang disuguhkan Suzuki di sini ternyata tidak sekedar sebutan semata. Suzuki membekali Sang Kesatria dengan ajian-ajian mandraguna yang menyebabkan dia menjadi bebek sakti mandragate!!
Menurut subjektif saya, Suzuki adalah produsen roda dua di Indonesia yang mampu menelurkan bebek-bebek paling keren sejagad raya. Di antara sekian banyak klan bebek saktinya, SUZUKI SATRIA lah yang paling memikat hati saya.

Sewaktu SMA, pernah terlontar niat saya, mengajukan proposal kepada “gaek” saya (red: orang tua) untuk membelikan saya motor bebek high performance ini. Tapi dikarenakan alasan bensin-nya yang sangat boros akhirnya niat itupun dilontarkan orangtua saya jauh-jauh dari mimpi dan angan-angan saya (dilontarin pake pelontar roket sampe ke bulan). Nasib..nasib..Hehe..

Sebagai gantinya, saya memperoleh Yamaha Jupiter Z. Not Bad sih, tapi untuk speed, motor ini harus bertekuk-lutut di bawah kedigjayaan Suzuki Satria (minjem kata2 teman saya : notabenenya 2 motor ini memang tidak bisa dibandingkan secara apple to apple)

Kembali ke Satria..
Setelah sempat berevolusi dari bodi yang agak mengkotak menjadi mode serba lengkung pada Satria L “Satria Agresif”, pihak Suzuki akhirnya melakukan restorasi besar-besaran terhadap kekaisaran Satria..(lebih tepat di Indonesia kalo disebut padepokan ke-Satria)
Satria yang tadi 2 tak di transform jadi 4 tak, Satria yang tadi bebek dikutuk jadi ayam jago. Meski saya tidak bisa mengatakan Satria baru ini lebih jago dari moyangnya, tetapi tuntutan jaman yang mengarah pada budaya peduli lingkungan mau gak mau harus memaksa Suzuki berinovasi tiada henti menciptakan motor bebek yang perkasa namun tetap ramah lingkungan (FYI slogan Suzuki sekarang: ride the winds of change)

Perkembangan satria dari masa ke masa

1.Satria 120 R/S

2.Satria LSCM (Satria Hiu)

3.Satria FU 150 (Satria Ayam Jago)

Berikut saya copas dari Babad 150f sekilas info tentang Suzuki Satria 2 tak :

Suzuki Satria 120 RU spec
ENGINE
: 2 stroke,single cylinder,air cooled
BORE X STROKE
: 56 x 49 mm
COMPRESION RATIO
: 7.0 : 1
CARBURETOR
: mikuni VM 20 ss
IGNITION
: dc. cdi
NET WEIGHT
: 101 kg
MAX POWER
: 13,5 ps @ 8000 rpm (RU120)
15,5 ps @ 8000 rpm (RGV120)
MAX TORQUE
: 1,50 kgmf @ 7000 rpm
INTAKE SYSTEM
: reed valve
TRANSMISION
: 5 speed (satria 120 s)
: 6 speed (satria 120 R dan 120 R LSCM )
RIWAYAT HIDUP
- RU 120 LD (satria 120 s) 1997 – 2002
- RU 120 LU (satria 120 R) 1998 – 2005
- RU 120 LSCM (new satria 120 R) 2003 – 2005
BIKE NICK NAME
- satria lumba-lumba (satria 120 s, satria 120 R sebelum LSCM)
- satria hiu (satria new 120 RU LSCM)
NAMA LAIN DI ASIA
- suzuki RGX 120
- suzuki RGV 120
- suzuki Stinger 120


Sekilas Info Suzuki Satria 150 4 tak :

Spesifikasi:

* Panjang Keseluruhan : 1.940 mm
* Lebar keseluruhan : 652 mm
* Tinggi keseluruhan : 941 mm
* Jarak Antara As Roda : 1.280 mm
* Tinggi tempat duduk : 764 mm
* Jarak Mesin ke Tanah : 140 mm
* Berat Kosong : 95 Kg

MESIN :

* Tipe : 4 Tak, DOHC 4 Valve, Air Cooled with SACS
* Jumlah Silinder : 1 (satu)
* Diameter Silinder : 62 mm
* Langkah Piston : 48.8 mm
* Kapasitas Silinder : 147.3 cm3
* Perbandingan Kompresi : 10.2 : 1
* Daya Maksimun : 16.0 Ps / 9.500 rpm
* Torsi Maksimum : 1.27 kgm / 8.500 rpm
* Karburator : MIKUNI BS 26-187
* Saringan Udara : Jenis Kertas
* Sistem Starter : Kaki
* Sistem Pelumasan : Peredaman Oli

TRANSMISI :

* Kopling : Manual Plat majemuk tipe basah
* Transmisi : 6 speed constant mesh
* Arah perpindahan gigi : 1 ke bawah, 5 ke atas
* Rantai penggerak : DID 428 DS, 122 mata

RANGKA :

* Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
* Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
* Sudut Setir : 45 derajat (kanan & kiri)
* Radius Putar : 2.0 m
* Rem Depan : Cakram
* Rem Belakang : Cakram
* Ukuran Roda Depan : 70/90 – 17 38S
* Ukuran Roda Belakang : 80/90 – 17 44S

SISTEM LISTRIK :

* Sistem pengapian : CDI
* Busi : NGK CR8E atau Denso U24ESR-N
* Accu : 12 Volt 2.5 Ah 10 HR

KAPASITAS :

* Tangki bahan bakar : 4.9 liter
* Oli mesin : 1.000 ml
* Dengan penggantian saringan oli : 1.100 ml

Sepertinya sekian dulu nostalgia kita dengan Suzuki Satria, berikutnya saya akan coba merangkum informasi lebih detail untuk motor-motor keluaran Suzuki lainnya. Semoga bermanfaat!!

About these ads
Comments
  1. Cdi Torque says:

    [...] Suzuki Satria SANG KESATRIA LOCAL "Silenceraloner's Weblog dc. cdi. NET WEIGHT: 101 kg. Max Power: 13.5 ps @ 8000 rpm (RU120) 15.5 ps @ 8000 rpm (RGV120) MAX TORQUE: 1.50 kgmf @ 7000 rpm. INTAKE SYSTEM: reed valve. TRANSMISSION: 5 speed (120 satria s): 6 speed (satria dan 120 R 120 R LSCM … [...]

  2. handriHM says:

    wah emg dari dulu satria emang satrianya motor nih… dari SMA ane ngidam2 motor ni mulu…. dah pernah pake yang lumba2 n hiu…. dulu yang lumba2 standar abis… skrg yang hiu kacau bener…. kata yang diatas bli napsu…. :Peace: tau aja ya si om yoga….

  3. drianz33 says:

    Mang motor paling mantepp dah… Nama sm performnya berbanding lurus…!!

  4. silenceraloner says:

    Salam asap ngebul Mas Bro..^^

    • Chandra Bonny says:

      Dari pertama gw beli satria lscm di tahun 2005 s.d. sekarang gw make oli samping castrol FC low smoke dan oli mesin Top 1,jd satria gw gak pernah ngebul dan suara mesinnya relatif halus untuk ukuran m0tor 2 tak.

      • silenceraloner says:

        Kalo gw tadinya sempet make Motul 510 sih buat motor 2 tak gw, cuma berhubung harga olinya yang selangit..akhirnya skrg gw make Castrol low smoke, kayak yang Bro Chandra pake juga. Lumayan ngacir dan asap memang rada agak berkurang…hehe..

        Thx for Visit Mas Bro..

  5. mubasyir.ihsan says:

    motor paling mantap.. sayang udah agak2 susah nyari partsnya.. tp ttp lah gua cinta ni motor.. heeheh

  6. watashiwa says:

    .weh..!
    .emang yg lmpu blakang kyk hiu suaranya kyag RX-KING , jalan lurus aja FU lngsung minggir denger suara m0tor jambred..
    .hahahaha…

    .gue punya tuh m0tor…
    .0rtu pngen yg 4 tak tak t0lak tuh..

  7. silenceraloner says:

    Mantap mas Bro..Haha

  8. ervan the satria says:

    paten uuy satria agrsif teh, ku aink mah dingaranan sei denok, setia trus dengaan satria agresif

  9. eno says:

    satria S di buat kopling bisa ngak???

  10. aldy saputra says:

    wa pengen punya satria 2 tak yang hiu….. nyari dmna ya……
    lok da kabar….

    please hub : 085669606665

  11. silenceraloner says:

    Satria hiu keknya udah diskontinu mas..coba masuk ke forum kaskus aja, search “satria hiu”, kali aja nemu motor yang diidamkan..:)

  12. drag palembang says:

    saya lg nyari satria 120 agresif nih yg th 2003-2005,ada gak yang mau jual di kota palembang? Tolong infonya ya?

  13. gunawan says:

    bagaimana cara menatasi masalah korleting pada koil satria 2 tak, padaham cdi dan koilnya udah diganti yang baru, kemudian mesin tidak bisa digas, ketika gas ditarikt mesin motor mati. mohon penjelasan nya.

  14. silenceraloner says:

    Coba cek di forum kaskus satria 2 tak di sini Mas Bro :) http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5765473

  15. che mahardika says:

    motor andalan smpai skr,motor bebek tp bermesin berdiri so ngebuttt bgd tarikany dn bensinya,suzuki emg rajany jalanan,biar jadul tp gaul.smpai skr msih pke yg lumbalumba,bnyk yg nwr tp kasihan kl nnti gantiny g bs ngrawat

  16. silenceraloner says:

    Untuk segmen motor sport di bawah 150 cc, apalagi 2 tak, tinggal menunggu kepunahan mas. ketersedian spare part makin lama akan semakin sulit, wajar saja ga semua orang mau miara 2 tak, paling enthusiat doang..hehe

    Sayang sekali, ATPM suzuki ga berani ngeluarin varian GXR nya ke Indonesia, padahal kalo saja Suzuki berani, pasar motor sport 250 ke atas ga hanya akan didominasi klan ninja..,

    Yg concern sama segmen motor sport di Indonesia saat ini memang baru Kawasaki doang. Semoga segera diikuti pabrikan lainnya…

  17. jopal says:

    kalo aja satria hiu nongol lg ane pasti beli… coz perawatannya gampang, knapa harus di hilangkan y,,,? padahal gas buangnya ga parah2 amat malahan bus2 butut yg asepnya item tebel di biarin aja bebas di jalan… aneh.

  18. ardiargo says:

    gue punya satria hiu nich .

  19. BILLOWSOUTH says:

    di mana cari suku cadaNG SUZUKI SATRIA RU

  20. ary says:

    Mas bro satria emng mntep abisssssss , w puas bgt punya satria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s