Anjing..

Posted: May 21, 2009 in hobby, life

Tau anjing gak??

Hewan berbulu yang bunyinya menggonggong..> ini deskripsinya anak SD..

FatDog%5B1%5D-772510

Mungkin kata2 “anjing” udah akrab sekali di telinga kita semua..terutama sekali buat saya yang 3 tahun terakhir ini berdomisili di Bandung..

Gak di kampus, di angkot, di pasar..bahkan sampe di forum2 di Internet..

Kata2 ini begitu gampang sekali terucap..

Entahlah..kadang2 akupun juga suka khilaf  ngelontarkan kata yang sama..

Tapi yang mau aku tulis di sini bukan tentang ungkapan kata “anjing”..

tapi justru tentang hewan bernama anjing itu sendiri yang justru namanya lebih terkenal di dalam dunia pergunjingan daripada di dunia satwa..

Tertariknya sih karena dlu aku juga pernah melihara hewan yang satu ini..selain patuh dan jinak, anjing memiliki naluri yang sangat tinggi untuk melindungi tuannya. Dia sangat sensitif (Galak!!) sama yang namanya orang asing, tetapi lucunya dia justru menjadi makhluk paling manja ketika orang asing yang dia maksud justru menunjukkan atitude yang baik kepadanya..

Ibuku pernah iseng pake baju hujan full body..trus gerak-gerik layaknya orang yang mencurigakan..sontak hal ini membuat anjingku menggonggong gak karuan, tapi begitu ibuku membuka tudung kepalanya, barulah si anjing sadar kalo ia telah menyalaki orang yang salah.. si anjing ini kemudian tersipu2 malu merunduk-runduk mencium kaki ibuku menunjukkan rasa penyesalannya..

Jadi ingat sekali jaman2 waktu masi punya anjing..,

Yah, aku memang hidup dalam keluarga yang sangat mencintai yang namanya binatang..

Kami melihara anjing ras lokal..atau lebih tepatnya anjing kampunglah.., seperti yang aku bilang tadi walaupun galak, anjingku ini gak pernah menggigit orang..makanya kami melepasnya begitu saja tanpa tali..tapi walaupun gak menggigit, tetap aja orang yang datang ke rumahku di buat takut olehnya..

Kalo nenek bilang sih “Anjiangko Gene Bana”, maksudnya nakal luar biasa, dia memang suka yang namanya kejar2an sama adikku..entah berapa kali kejadian adikku jatuh tersungkur gara2nya..tapi smuanya emang dia lakukan buat senang-senang. Pernah juga dia ngikutin aku jalan ke sekolah..(waktu itu kelas 6 SD ). Aku coba mengusirnya berkali-kali sambil berteriak, Eh dia malah curi2..saking kesalnya aku pernah mau melempar batu kearahnya biar dia pulang..tapi itu bukannya buat dia pulang, malah merunduk-runduk sujud di tanah seolah memelas untuk ikut.., mungkin dia ngerasa kurang diperhatiin. Akupun jadi gak tega..Ikutlah ” Si kawan” ini sampe halaman sekolah aku..teman2 waktu itu pada ngetawain..Ya aku pun ikut ketawa-ketawa aja..

Selain anjing, keluarga kami juga memelihara kucing..ayam..burung..dan ikan..Nah, si anjing ini meski terkadang sering ribut ama peliharaan kami yang lain, terutama kucingku..(curiganya gara2 cemburu), tapi satu yang aku suka..ternyata seiring berjalannya waktu mereka bisa terima kondisinya satu sama lain..mereka jadi akrab satu sama lain meski terkadang keakraban itu gak pernah benar2 terlihat..

Pernah kejadian, kucing jantanku (namanya putih) berantam ama kucing liar (atau mungkin kucing tetangga) di sekitar tempat tinggalku. Nah yang menariknya si anjingku ini justru malah menolong kucingku..dia berbalik membantu si kucing nguber2 kucing liar itu, hingga si kucing yang dimaksud gak berani lagi kembali ke tempatku. Sampai sekarang aku jadi terharu kalo ingat kejadian ini..meski mereka gak pernah duduk bersama di atap yang sama tapi mereka meyakini arti sebuah keluarga. Si anjing tau betul kalo ternyata si kucing juga memiliki tuan yang sama dengannya..

Aku jadi mikir..gmana ya kalo aku jadi anjing. Pasti ngerasa gak adil..

Ngeliat kucing bisa tidur enak di sofa tuannya yang empuk sedangkan si anjing cuma bisa jaga rumah di luar, guling2an di teras dan itupun kadang2 di usir dan dipukul dengan sapu oleh kakekku..( Kakek emang orang yang sangat konvensional..dia sangat memegang teguh keyakinannya..dia sangat anti kepada anjing)

dog-obedience-school

Gak hanya itu, terkadang si kucing mungkin lebih manja soal makanan..sementara si anjing kadang harus berburu sendiri di ladang, mengais ngais sampah tumpukan pupuk kebun singkong, mencari makanan bersama-sama dengan ayamku..

Adakalanya si anjing juga suka membawa pulang bangkai2 sisa makanannya dan plastik2 sampah yang terkadang sering membuat kondisi sekitar rumahku agak gak sedap di cium hidung..Kami jadi gak enak juga kadang sama tamu2 yang datang kesini..

Gatau maksudnya apa, entah dia mw berbagi ama tuannya ato mungkin sekedar memberi makan buat saudara2nya..

Jadi anjing memang gak enak kali ya??

Kami sendiri sebenarnya melihara anjing dengan tujuan keamanan, selain waktu itu tempat tinggalku jauh dari keramaian kota, kami juga memiliki kebun di samping rumah yang acapkali dimasuki kerbau dan babi. Di sinilah si anjing terasa begitu berguna.., dialah yang membantu kami mengusir “hama-hama” tanaman itu. Anjing sih pertama emang cuma menyalak2 (biasanya kerbau dan babi masuk ke kebun saat2 jam kami sudah terlelap), namun ketika aku, ibuku, dan ayahku terbangun dan bangkit untuk ikut menghalau kerbau2 itu, si anjing justru menjadi lini terdepan yang membimbing kami tuan2nya ini.., menggonggong sejadi2nya meruntuhkan mental para kerbau..Apalagi ketika kami menyemangatinya dengan menghayu-hayukan namanya..gonggongannya menjadi semakin keras..

Sekali lagi aku terpana oleh teladan yang diberikan anjingku ini..

Hingga suatu saat terjadi debat yang lumayan alot antara ayahku dan kakekku, yang kebetulan tepat sedang berkunjung ke tempat kami..

Kakekku mempermasalahkan keberadaan sang anjing sebagai peliharaan kami, menurutnya alasan keamanan gak bisa dibenarkan sebagai alasan untuk melihara anjing..”Dia lah pelindung kalian sebenarnya.., bukan anjing!”

Ayahku sadar benar dengan maksud ayahnya ini..

Tapi tetap saja gak mungkin kami membuang begitu saja peliharaan kami itu ..

Mesti ada rasa kasihan yang disingkirkan terlebih dahulu..

( Sebenarnya ada begitu banyak landasan yang menjadi alasan kakekku saat itu..tapi sampai sekarang aku belum berani menyampaikannya..takut terambil keputusan yang fragmatis..soalnya aku gatau banyak soal ayat2 yang mengatur hukum memelihara anjing. Takutnya ketika membenarkan satu ayat, aku mendustakan ayat2 Allah lainnya..)

Gak lama berselang, sekitar sebulanan sehabis kakekku pulang..Terjadi peristiwa yang lumayan mengejutkan, anjing2 kami mati satu persatu..ada yang mati seperti habis keracunan..mulut berlendir2..dan bahkan ada juga yang mati dengan anus mengeluarkan banyak cacing sebesar kelingking.., peristiwa yang benar2 memukul hati kami..

Sebenarnya aku sendiri gak bisa terima dengan kejadian ini, sempat tersirat benci pada orang2 sekitar tempat tinggal yang memang sebagian gak senang akan keberadaan anjingku..tapi untunglah pikiran tersebut keburu di tepis oleh orangtuaku yang mencoba mengambil hikmah di balik semua kejadian ini..

Sekali lagi..Entahlah..

Mungkin mereka sudah menyadari bahwa tugas mereka sudah selesai..

Satu yang kutau, tidak hanya keberadaan kalian di muka bumi bahkan kematian kalian sekalipun terasa begitu bermakna untukku..

Terima Kasih Ya Allah..

In Loving Memory Of :

Pilo-Gufi-Poli-Lufi

Comments
  1. silenceraloner says:

    Iya Ris,sekali2 nulis yang haram2 dikit..^^

  2. angie says:

    cerita loe tentang anjing. ngingetin gue sama anjing gue yg sebulan lalu harus denganr ela gue lepasin krn nyokap gue yg percaya kalo kita gak boleh piara anjing. bukan itu sih intinya,sebenrnya gue suka baca cara loe menceritakan ttg pandangan loe terhadap anjing itu:) nice to read tht.

  3. silenceraloner says:

    Hmm..,gw turut prihatin terhadap anjingnya. Namun demikian, cara berpikir konservatif tentang anjing adalah cara paling aman ketika kita ga benar2 tau esensi suatu hal..^^

    Thx for Visit..
    Salam kenal..

  4. wafiq says:

    aku plng bnci yg nmnya anjg

  5. silenceraloner says:

    @Wafiq
    Kenapa Bro??

  6. chintya says:

    ae..nem w chintyA..
    crita tentang anjing mu ngngatin gw ma anjing gw..
    kebetulan anjing gw jua baru mati..kurang tau sebab na apa..
    yang jelas gw sedih bngd,bukan cm gw z pun tapi smw keluarga gw ampk nangis..;-(

  7. silenceraloner says:

    Turut berduka cita bwt anjingnya..,
    Semoga segera dapat peliharaan yg baru..^^

  8. kiki says:

    …………………………………..

  9. silenceraloner says:

    Hahahhaha..

  10. kangmas toro says:

    gara2 abis baca ini.. gw bingung.. jadi kl inget anjing,inget lu.. inget lu,inget anjing… adduhh.. pusiing.. ::ngacir::

    ^^v

  11. silenceraloner says:

    Buat yang di atas, terima kasih buat feedbacknya..^^

  12. riry says:

    eh, aw gak..kisah kamu sama aku nyaris miriiiippp benget
    hewan piaraanku juga akrab banget…nama kucingku jg “putih”///pokoknya banyak kesamaan deh…

    anjingku jg mati kkarena kracunan…ada yg ngeracunin sih lbih tepatnya…skarang anjingku sisa 2 ekor…

    sebenanya 4hari yg lalu masi tersisa 5 ekor,tapi ada orang yg minta untuk dijadikan makanan, makanya aku ikhlas aja…walopun agak sedih,,,soalnya aku udah ngerawat mereka sejak kecil…sedih banget…

    buat anjing2ku yang udah gak ada, aku sayang bget sama kalian…

    LAHWAR,MONANG,BLEKI,LOTONG,BENNY,HENNY,CHOKI,LASSIE, CHOKSI,TOMBOY,SKEPI,FLO BALLANG, POKKI, CEPER, BOCCO, N SEMUA ANAK2 MEREKA YANG MATI SEBELUM SEMPAT DIKASIH NAMA…LOVE U ALL….

    maaf ya…jadi curhat,,hehehhe

  13. piarannya byk bgt ya..btw,kok bisa sama ya ceritanya..0.0?

    Padahal saya gak kopi paste loh..hehe..

    Salam kenal Ry,thx for visiting!^^

  14. hahha…lucu…aneh2 coment nya…..apalagi yang nyebutin semua nama anjingnya…hihihih

  15. silenceraloner says:

    Hehe..thx for visiting. Semoga bermanfaat..^^

Leave a Reply

