Be Original, Be Yourself..

Posted: May 23, 2009 in hobby, life, Ndak Jelas (Blurry)
Tags: , , , ,

Kalo nyebut kata “Original” maka hal pertama yang terbayang dikepalaku adalah Adidas Originals ( kalo software ama mp3ku bajakan semua soalnya..Haha..)
Adidas Originals adalah versi sepatu Adidas yang masih make lambang bunga, kek daun singkong gitu tapi siripnya tiga.
Dibilang originals itu karena emang ga ada teknologi sepatu mutakhir di dalamnya..jadi cuma sepatu harian biasa.
Ada juga sih versi Adidas Performance (sport) dan Adidas Style, dua ini lambang produknya beda lagi..tetapi tetap dengan eksistensi strip 3 nya..

Terus terang aku memang suka make sepatu Adidas. Selain sepatunya enak dipake, solnya awet, bentuknya juga simpel dan enak diliat mata (ku). Cuma satu gak enaknya..harganya bisa bikin anak kosan kek aku bisa gak makan setengah bulan!! Haha..

Superstar 2.5 ku numpang eksis..

Superstar 2.5 ku numpang eksis..

Keterlaluan memang..tapi aku punya satu pasang sepatu Indo-Jerman ini di jajaran sepatu Eiger, Puma, Spotec dan Converseku yang abal2..Dlu juga sempet punya Fila ama Eagle, tapi semuanya hilang di Bandung tercinta ini.. Bahkan sepatu Spotec pembelian Ibuku yang konon merupakan sepatu pertamaku di kampung gajah ITB ini juga lesap pas sholat Jum’at di Mesjid Salman ITB. Tercatat sudah 3 kali sepatuku hilang di sini. Tapi ya sudahlah, memang gak rezeki..

Kembali ke kata Original,
Terinspirasi dari seorang teman bernama Pipin Pramudia yang lagi getol2nya ngebangun brand clothing aka mtkr (Sundul dululah..^^) , aku jadi ingin nulis blog lagi soal brand.

Sepatuku dan teman-temannya..

Sepatuku dan teman-temannya..

Pernah kepikir gak, ternyata selama ini sebuah brand semacam Adidas telah berhasil “mendoktrinasi” kita para pembelinya dengan cara yang sangat halus. Mereka (tim promosi) dapat membangun opini publik yang begitu bagus sesaat setelah brand tersebut di bisikkan ke telinga kita (atau mungkin cuma kupingku ya??^^)
Tapi memang gak bisa dipungkiri, Adidas memiliki kualitas kontrol yang sangat bagus terhadap produk2nya..

Siapa sih yang gak kenal Adidas ?? Papan iklannya berserak di mana2..
Brandnya bisa kita liat di papan sponsor di Liga2 besar sepakbola dunia semacam Liga Italia, Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Jerman, dll..blum lagi brand yang terpampang di apparel atlet2 olahraga yang di endorsenya..Gila!
Tidak hanya atlet, bahkan gak terhitung sudah berapa banyak band, artis yang juga ikut2an di endorse sama brand sepatu ini..(silahkan browsing2 di google)

Membangun image sembari membangun gaya hidup manusia..mungkin inilah prinsip yang di bangun oleh brand ini.
Membangun sebuah image yang mendunia dengan memasuki budaya dunia dari segala lini..

Pernah dengar gak Adidas buat produk dengan versi batik??
Produk terbatas dengan harga yang “gak biasa”
Bahkan dalam rangka 35 th Anniversary tipe sepatu Superstar (ini favoritku), pihak Adidas sampai mengeluarkan 35 seri Adidas Superstar limited edition yang boleh dibilang mencoba menggambarkan keragaman kebudayaan dunia.., dan sekali lagi dengan harga yang “gak biasa”..
Aneh banget..Adidas mendunia tapi tetap mengedepankan eksklusivitas sebuah produk..

Jaket Adidas Originals versi Batik

Jaket Adidas Originals versi Batik

Sepatu Adidas Original Versi Batik

Sepatu Adidas Original Versi Batik

Adalah Adolf (“Adi”) Dassler, Sang founding father di balik kejayaan salah satu penguasa branding dunia ini..
Ketekunan dan kerja kerasnya membangun image menghasilkan kepuasan yang tidak ternilai..
Meski dia sama2 menciptakan produk bernama sepatu (bahkan dia bukan yang pertama) tetapi dia berhasil memberi sentuhan khusus yang memang cuma bisa ditemukan pada produknya..

Lantas pelajaran apa yang bisa kita ambil di sini??

Aku melihat bahwa seorang Adi Dassler bukanlah orang dengan pemikiran yang benar2 “Original”, akan tetapi dia cuma mengulang sejarah persepatuan dan kemudian memberikan sentuhan khasnya terhadap sejarah persepatuan itu sendiri (“be himself”).

Kenapa dalam paragraf sebelumnya aku nulis Adidas sebagai sepatu Indo-Jerman??
Karena pada kenyataannya, produk2 Adidas yang bagus2 di seantero dunia itu di produksi oleh kita, Bangsa Indonesia..
Tapi kenapa kita harus bayar mahal untuk produk yang kita buat sendiri??
Bagi yang udah nonton film dokumenter “The New Rules of the World”, di situ akan terlihat sisi lain dari perkembangan brand Adidas Ini..
Film ini akan bercerita tentang tragisnya kehidupan para pekerja di perusahaan2 yang menyuplai produk2 Adidas..

Inilah konsekuensi ketika kita mempunyai sebuah budaya namun kita sendiri sebagai bangsa pemilik budaya tersebut tidak menghargai dan mencoba melestarikan eksistensi budaya tersebut. Kita seperti di jajah di negri sendiri dan gak punya kedaulatan sama sekali..
Budaya kita terlihat begitu worthed dimata orang asing..sehingga budaya kita di caplok satu persatu oleh mereka..
Bagaimana dengan kita..??

Tulisan ini gak bermaksud menjustifikasi jelek pemakai2 brand yang aku sebutkan di atas ataupun sebaliknya, hanya saja aku harap ketika kita menyukai suatu brand setidaknya kita tau sejarah yang melatarbelakanginya dan bisa mengambil sebuah pelajaran bermakna dari sana. Jangan sampai kita cuma jadi penggila brand semata..

Sebuah originalitas terkadang memang mahal..,
Jangan sampai ketika kita tidak mampu membeli sebuah originalitas, kemudian kita membeli sebuah kepalsuan..
Asal kita yakin dan percaya, kita tetap bisa menjadi diri kita sendiri..

Be Original, Be Yourself..

Comments
  1. kez says:

    mantaaaab…
    Kok akhir2 ini rajin kali kau nulis nulis yang berbobot gitu dho…

  2. silenceraloner says:

    Hahaha..mana ada berbobot kez..cuma pikiran2 biasa aja ini mah..
    Kek artikel yg ini aja misalnya..ini kan cuma tentang merek sepatu..

    *jangan bilang siapa2, sebenernya gw sneakerfreaker..^^

    Wkwkwkwkwkwkw….

  3. Kez says:

    WOOOOI
    SI RIDHO SNEAKERFREAKER..

    =))

  4. wow, tulisan yang mantab mas bro
    hoho😛

    gw juga barusan bikin post tentang brand
    cekitot ok😀

  5. […] tulisan tentang local brand yang mungkin terkait Possibly related posts: (automatically generated)mari belajar photographybalajar photoshopsakit 1/2 jiwaProduk “Natural Skin Care” […]

  6. silenceraloner says:

    @Kex
    Yaaahhh..jadi tambah narsis nih jiwa sneakerfreaker gw..^^

    @pipin
    I’ve done..nice post!!
    If u interest, I would like to review your ‘MTKR’ in this very2 traffic blog..Hohoho..
    Not free for sure..^^

  7. aris rinaldi says:

    waw kk waw

    ikut lomba kajian HMS
    paling telat tanggal 2 juni

  8. eben says:

    brapa kak harganya jaketnya?

  9. silenceraloner says:

    Saya kurang tau, coba cek link di bawah saja ya :

    http://www.facebook.com/pages/Jakarta/Jacket-Adidas-BATIK/377886265701

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s