Facebook Haram ??

Posted: May 24, 2009 in berita
Tags: , , , ,

Sebagai salah seorang yang “terlibat” dalam dunia per-facebook-an, jujur aku cukup terkejut juga dengan pernyataan yang menyatakan bahwa facebook haram..aku gak tau persis bagaimana landasan pemikiran dan penarikan kesimpulan seperti ini bisa muncul..(mungkin dari analisis manfaat dan mudharat kali ya??).

logo_facebook

Kasus ini sebenarnya gak jauh beda dengan efek 2 mata pisau pada teknologi…bisa membawa malapetaka tetapi bisa juga membawa manfaat untuk kesejahteraan umat manusia..,tergantung bagaimana teknologi itu dimanfaatkan untuk apa..
Namun bukan berarti kita gak boleh menggunakan teknologi kan??
(bisa2 entar keluar pernyataan kalo kuliah di ITB haram)

Poin penting menurutku yang harusnya jadi perhatian kita semua di kasus ini justru adalah bagaimana kita bersikap terhadap sebuah teknologi. Bagaimana kita bisa memberi pencerdasan kepada para penggunanya (termasuk diri kita sendiri) bahwa kita adalah tokoh di balik pengendali teknologi..bukan orang yang dikendalikan oleh teknologi itu sendiri. Jadi kembali ke niat dan kadar sih kalo kubilang..

Jadi gak usah terlalu frontal juga menyatakan sebuah jejaring sosial semacam facebook ini haram ..karena dimana2 serangan frontal hanya akan mendapat serangan frontal balik yang justru membuahkan hasil yang tidak solutif, kecuali kalo itu memang cuma satu2nya alternatif solusi. Tapi gak kan??

Semoga dengan adanya kasus semacam ini dapat menjadi bahan evaluasi dan kontrol untuk kita semua agar lebih bijak lagi menyikapi sebuah teknologi.

“Mari kita perlakukan teknologi sebagai hamba dan bukan sebagai Tuhan.”

Comments
  1. kez says:

    Yang bilang haram siapa dho?

  2. silenceraloner says:

    Gak jelas juga kez, MUI jawa Timur ato daerah mana gtu kmaren..
    Gatau juga ini masi wacana ato uda di deklarasikan..

    Bisa gooogling kalo mau info lebih lanjut..^^

  3. journalight says:

    mereka kayanya kurang kerjaan sampe mikirin hal-hal gak penting kaya gini, haramin dulu tuh sinetron.

    fatwa-fatwa semacam ini hanya muncul dari orang yang berpikiran negatif, mereka lebih berorientasi kepada nilai mudharat daripada nilai manfaatnya,

    pesan buat MUI :
    – tolong dahulukan untuk mengurusi sesuatu hal yang jelas-jelas hitam daripada sibuk ngurusin sesuatu yang abu-abu

    CMIIW

    • starlight21 says:

      terlepas dari manfaat atau mudharatnya facebook, apa ada yang memperhatikan ‘siapa’ sebenarnya penciptanya yang mendadak kayaraya karena larisnya facebook ini?
      Mark Zuckerberg, (born May 14, 1984) is an American computer programmer and entrepreneur…etc
      Zuckerberg was raised in Dobbs Ferry, New York, by his Jewish parents, Edward and Karen Zuckerberg…etc
      perhatikan ini:
      jewish = yahudi = israel
      gerakan anti israel, mungkin? gak tau lah.
      aku copast dari:
      http://en.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg

  4. silenceraloner says:

    @orang jawa timur yang di atas..

    Gw sepakat ama sampean…,terutama ttg sinetronšŸ˜„

    Tapi gw sepakat juga ama MUI,
    Karena Nasi yang halal sekalipun malah juga bisa jadi haram kalo kita niatnya makan buat ngumpulin energi buat ngerampok entar malam ya gak??

    Tapi jangan sampe pulak ada perang fisik antara simpatisan ama aktivis anti-facebook..hehe..
    Anggap aja ternyata masih ada yg sensitif ama kasus2 sosial semacam ini..

    Tetap berkepala dingin..

    *cem iya aja..^^

    link:

    http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2009/05/21/brk,20090521-177501,id.html

    http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/05/22/55/222131/facebookers-fatwa-haram-facebook-tidak-berdasar

  5. hahahahaha..haram halal itu sudah jelas di Al quran..

    riba dimana2 kok didiemin ya..malah ngurusin yang tersier..masalah FB masalah golput itu gmn hati..nah kalo riba udah jelas di al Quran..

    MUI jawa timur??adohhhhh malu2in ajaaaaa…

  6. silenceraloner says:

    Bener bgt tuh kata SiTukangFotoKeliling..yang primer aja blom keurus…hehe..

    Dari tadi ngeliatin stat orang2 di facebook, keluarnya sumpah serapah semua..mengarah ke SARA jg jadinya..

    Nah, buat yang ngerasa arek2 Jawa Timuran dan sekitarnya jangan kepancing isu SARA juga ya..

    Tulisan ini gak bermaksud offense kok Mas, Mbak..^^V

  7. […] Facebook Haram ?? 24 May 2009 by silenceraloner on Silenceraloner’s Weblog ā€¦Ā  salah seorang yang “terlibat” dalam dunia per-facebook -an, jujur aku cukup terkejut juga dengan pernyataan yang menyatakan bahwa facebook haram ..aku gak tau persis bagaimana landasan pemikiran dan penarikan kesimpulanĀ ā€¦ Tags: Berita, facebook, HARAM, Teknologi, Manfaat, mudharat […]

  8. silenceraloner says:

    @starlight21
    Thx buat masukannya Mas Bro..
    Mungkin bisa jadi seperti yg bro sebutkan tadi..

    Aku sendiri gak bermasalah sama siapapun di balik sejarah sebuah teknologi..ini cuma teori konspirasi..

    Aku sendiri make intel..
    Aku make motor jepang..
    Aku make algoritma.. (anda tau siapa penemunya)
    Dan bahkan menurut agama saya..saya dituntut untuk belajar sampai ke negri cina..

    Jadi menurut aku ni ya..bahkan kita sebenarnya bisa belajar pada anjing dan setan sekalipun..

    Lantas kenapa kita gak mencoba belajar dari si Mark_Zuckerberg (manusia)??

    Toh kita ini hidup di dunia gak satu ras kan??
    Kita diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa..

  9. Iklan Gratis says:

    Pengeluaran fatwa ulama mengenai suatu hal memang sesuatu yang wajar, apalagi menyangkut kepentingan umat. termasuk mengenai facebook. kalau menurut hemat saya, facebook sama dengan hal lainnya. yaitu mengandung manfaat dan madharat tergantung dari aspek si pengguna. kalau dipergunakan sebagai wasilah untuk menyambung tali silaturahim atau bahkan berdakwah sekalipun, tentu akan sangat bermanfaat nilainya. namun lain halnya apabila digunakan untuk yang berkebalikan.
    oleh karena itu, sebagai masyarakat umum hendaknya kita mafhum dengan adanya fatwa semacam ini. pada dasarnya bukan untuk mengintervensi umat secara utuh, namun lebih kepada upaya preventif dari para ulama agar umatnya tidak terjerumus ke dalam jurang dosa.
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

  10. silenceraloner says:

    Saya setuju dengan “iklan gratis”..Hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s