2520

Posted: June 4, 2009 in Ndak Jelas (Blurry)
Tags: , , , , , ,

-Sekarang tahun 2009
-8 tahun yang lalu adalah 2001,
-4 tahun lagi tahun 2012
-511 tahun dari sekarang adalah tahun 2520..
Whateverlah..tahun bukan hantu dan tahun juga bukanlah Tuhan..

Poin kedua di atas adalah masa di mana aku sekolah masih pake celana biru dongker selutut.,
Masa2 dimana kejayaan hobi membaca belum memudar seperti saat sekarang ini.
Suatu hari, aku menemukan sebuah risalah, kisah-kisah menarik tentang kehidupan orang bijak di masa lalu..

Begini ceritanya..
Dahulu sekali, ada seorang bijak sebut saja namanya “A” ditantang oleh beberapa orang bijak juga dari suatu golongan, sebut saja “X”..
Datanglah 3 orang X ini menghadap pada si “A”, yang pada masanya memang dianggap sebagai kunci ilmu pengetahuan..
Maksud si 3 orang X ini tidak lain untuk menguji pengetahuan si “A” ini..

Sebenarnya ada 3 pertanyaan yang disampaikan oleh tiap2 X tersebut saat itu..,pertanyaannya berbeda2 satu sama lain. Tapi karena pertanyaan lainnya out of topic, maka yang di sampaikan di sini cuma pertanyaan terakhirnya saja..

Bertanyalah X3 (orang bijak ketiga) pada si A :
“Tuan, beritahukanlah kepadaku sebuah bilangan, yang apabila di bagikan atasnya bilangan 1 sampai 10, di hasilkan sebuah bilangan yang utuh.

A : “Baiklah..,kalikanlah jumlah harimu dalam seminggu, dengan jumlah harimu dalam sebulan dan dengan jumlah bulanmu dalam setahun..
X3: (menghitung)

liat hasilnya..
-Jumlah hari dalam seminggu = 7
-Jumlah hari dalam sebulan = 30 (kalender bulan)
-Jumlah bulan dalam setahun = 12

7 x 30 x 12 = 2520

dan sekarang lakukan operasi berikut :

2520 ÷ 1 = 2520
2520 ÷ 2 = 1260
2520 ÷ 3 = 840
2520 ÷ 4 = 630
2520 ÷ 5 = 504
2520 ÷ 6 = 420
2520 ÷ 7 = 360
2520 ÷ 8 = 315
2520 ÷ 9 = 280
2520 ÷ 10= 252

Menarik bukan??

Kenapa bisa demikian?? Aku gatau gimana caranya bisa keluar metode seperti yang disebutkan si A.
Yang pasti 2520 sendiri sebenarnya adalah KPK (Kelipatan Persekutuan ter-Kecil) dari bilangan 1,2,3,4,…10,
bukan KPKnya Antashari yang juga berkutat dengan angka2 lo ya..
Kalo uda lupa ama yang namanya KPK boleh buka buku kelas 4 SDnya..
Hehe..

Terlepas bagaimana angka 2520 ini keluar, justru sebenarnya yang harus membuat kita takjub bukanlah “angka keramat” 2520 ini..akan tetapi makna dari 2520 itu sendiri..sepakat gak??

Kalo menurutku, sebenarnya untuk kasus ini, kita tu juga di suruh mikir,
Hal ini terlihat ketika si A menjawab dengan cara yang “tidak biasa”, berkesan mistik dan menarik (tidak langsung memberitahukan jawabannya), itu maksudnya biar si X3 tau jawabannya tanpa ada kesan digurui.
Cara cerdas agar seseorang bisa menerima jalan pemikiran kita dengan smooth kalo boleh kubilang..
(cara semacam ini juga masuk melalui produk2 budaya semacam mitos, legenda, film, lagu, tulisan dan lain2nya)

Tapi dari situ mestinya si X3 akan berpikir lebih lanjut tentang bagaimana si 2520 ini bisa keluar dengan cara yang biasa (cara yg bisa diterima logika).
Bukan lantas mengagung2kan suatu angka sebagai simbol dan kemudian memuja2nya sebagai suatu hal yang keramat, mistik ato apalah namanya..

Sama halnya dengan sebuah nama..
Kalo orang2 bilang sih..Apalah arti sebuah nama??
Menurutku nama memang berarti, tapi cuma sebatas sebagai doa dan pengenal satu sama lain.

Tetapi ketika sebuah nama menjadi suatu hal yang sangat penting dan dominan..di sinilah akan terjadi perpecahan,konspirasi dan semacamnya.
Seringkali kita mendengar terjadi penyimpangan dalam sebuah sejarah.., salah satunya adalah mengenai siapa sesungguhnya yang menjadi tokoh di balik sebuah sejarah. Akibatnya, manusia jadi berantam satu sama lain, membentuk mekanisme offense dan defense yang terkadang tidak benar2 konstruktif, membuat si sejarah yang diperdebatkan tersebut kehilangan esensinya. Namapun tinggal nama.
Padahal apa yang mungkin diharapkan sang pelaku sejarah mungkin bukanlah agar namanya dikenang oleh masa..akan tetapi penekanannya pada sejarah apa yang telah mereka perbuat, sehingga dari situ penerusnya bisa belajar dan mengambil nilai2 penting guna melanjutkan hidup penerusnya di masa mendatang.

Dan jikapun ada suatu nama yang berhak untuk dipuji, di sanjung, dan di eluk2kan seharusnya hanyalah nama-Nya semata..,

Sudahkah??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s