Tipe-tipe Kepribadian

Posted: March 10, 2010 in life
Tags: ,

Data dibawah ini diperoleh dari sebagian slide kuliah Manajemen Potensi Diri Ibu RR Sri Wachyuni, Sostek ITB. Saya dedikasikan tulisan ini untuk mereka-mereka yang tertarik untuk mengenal dan memahami diri. Semoga bermanfaat!

Karakter marvel sebagai prolog saya ambil di http://avaxhome.ws/blogs/sparkus/2008/05/13
Tipe-tipe Kepribadian

1.Dominance (Kuat)
Koleris-Ekstrovert-Pelaku-Optimis

Emosi
– Bakat memimpin
– Dinamis
– Aktif
– Sangat perlu perubahan
– Harus memperbaiki kesalahan
– Berkemauan kuat
– Tegas
– Tidak mudah patah semaangat
– Bebas dan mandiri
– Memancarkan keyakinan (kharismatik)
– Tidak emosional dalam bertindak
– Bisa menjalankan apa saja (tidak pilih-pilih)

Dalam Pekerjaan
– Memiliki orientasi target
– Melihat seluruh gambaran (terintegrasi dan tidak parsial)
– Terorganisasi dengan baik
– Pemecahan masalah dengan praktis
– Cepat dalam bertindak
– Mendelegasikan pekerjaan
– Menekankan pada hasil
– Merangsang kegiatan
– Berkembang karena persaingan (kompetisi)

Sebagai Teman
– Tidak terlalu perlu teman
– Ikatan emosional tidak dalam
– Mau bekerja untuk kegiatan
– Mau memimpin dan mengorganisasi
– Biasanya selalu benar dan unggul dalam keadaan darurat


2. Influence (Populer)
Sanguinis-Ekstrovert-Pembicara-Optimis

Emosi

– Kepribadian menarik
– Suka bicara
– Menghidupkan pesta
– Memiliki ingatan kuat untuk warna
– Secara fisik memukau pendengar
– Emosional
– Demonstratif
– Antusias
– Ekspresif
– Periang
– Penuh semangat
– Penuh rasa ingin tahu
– Lugu dan polos
– Hidup di masa sekarang
– Mudah diubah
– Berhati tulus
– Terkadang kekanak-kanakan (childish)

Dalam Pekerjaan
– Sukarelawan untuk tugas
– Memikirkan kegiatan baru
– Kreatif dan inovatif
– Punya energi dan antusiasne yang besar
– Memulai dengan cara cemerlang
– Mengilhami orang lain untuk ikut
– Mempesona orang lain untuk bekerja

Sebagai Teman
– Mudah berteman
– Mencintai orang
– Suka dipuji
– Tampak menyenangkan
– Dicemburui orang lain
– Bukan pendendam
– Cepat minta maaf
– Suka kegiatan spontan
– Mencegah saat membosankan


3. Steadiness (Damai)
Plegmatis-Introvert-Pengamat-Pesimis

Emosi
– Kepribadian rendah hati
– Mudah bergaul dan santai
– Pendiam
– Tenang
– Sabar
– Baik keseimbangannya
– Hidup konsisten
– Tenang tetapi cerdas
– Simpatik dan baik hati
– Menyembunyikan emosi

Dalam Pekerjaan
– Cakap dan mantap
– Damai dan mudah sepakat
– Punya kemauan administrative
– Menjadi penengah masalah
– Menghindari konflik
– Tenang di bawah tekanan
– Menemukan cara yang mudah

Sebagai Teman
– Mudah diajak bergaul
– Menyenangkan
– Tidak suka menyinggung
– Pendengar yang baik
– Suka mengawasi orang
– Punya banyak teman
– Punya belas kasihan dan perhatian

4. Compliance (Sempurna)
Melankolis-Introvert-Pemikir-Pesimis

Emosi
– Mendalam dan penuh pemikiran
– Analitis
– Serius dan tekun
– Cenderung jenius
– Berbakat dan kreatif
– Artistik atau musikal
– Filosofis dan puitis
– Menghargai keindahan
– Perasa terhadap orang lain
– Suka berkorban
– Penuh kesadaran

Dalam Pekerjaan
– Berorientasi jadwal
– Perfeksionis
– Gigih dan cermat
– Tertib dan terorganisir
– Teratur dan rapi
– Ekonomis
– Suka diagram, grafik, daftar dan bagan

Sebagai Teman
– Hati-hati dalam berteman
– Menghindari perhatian
– Setia dan berbakti
– Mau mendengarkan keluhan
– Bisa memecahkan masalah orang lain
– Mencari teman hidup ideal

Ok,cukup sekian dulu teori psikologinya. Sekarang masuk ke dunia nyata. Sebagai permulaan gak afdol rasanya kalo penulis tidak menyampaikan jenis kepribadiannya (Saya buka rahasia kepribadian saya di sini habis2an..hahahaha)

Susahnya memulainya…,baiklah saya akan mulai dengan kata “Saya adalah seorang yang : “

1.Intovert + Pengamat + Pemikir + Melankolis
Introvert karena saya suka menyembunyikan emosi saya.
Pengamat karena saya orang yang peduli sekitar (meski sekarang mulai sedikit apatis)
Pemikir karena saya adalah orang yang lebih menjunjung logika daripada perasaan
Melankolis karena saya suka mendengarkan lagu-lagu sendu..hahahaha..

2.Melihat seluruh gambaran
Saya adalah orang dengan kemampuan melihat hal terintegrasi dengan baik namun tidak dapat melihat dan memahami hal-hal yang sifatnya mendetail dengan baik. Selain itu saya memiliki sedikit kemampuan analisa deduktif berdasarkan rasio, intuisi dan pengalaman.

3.Memiliki rasa ingin tahu yang besar
Percaya atau tidak, tidur saya tidak akan tenang ketika saya tidak dapat menjawab teka-teki atau pertanyaan yang diberikan oleh teman saya. Saya sedikit freak dan stalker ketika ingin mengetahui jati diri seseorang.

4. Bekerja kadang sukarela
Kalo anda pernah mendengar orang yang bekerja tanpa motif pribadi,maka saya tergolong ke dalam kelompok tersebut. Saya melakukan suatu pekerjaan kadang hanya untuk menjaga hubungan baik dengan teman. Meski terkadang beberapa hal juga saya lakukan karena memang saya suka pekerjaan tersebut

5. Mengilhami orang lain
Terkadang saya suka memberikan data-data faktual demi untuk memotivasi seseorang mencapai cita-citanya. Saya bahkan sekali-kali mengeluarkan perkataan pedas agar orang yang saya maksud tercambuk dan terbakar semangatnya. Ketika adik saya bertanya soal cowok yang hendak menembak dia, saya katakana begini “Dek,cowok berkelakuan baik di depan cewek yang dia sukai adalah hal yang lumrah, carilah cowok dengan kepribadian natural yang tidak dibuat-buat!” lihat, di sini bahkan saya tidak sungkan menghina gender saya sendiri demi kebaikan orang lain…Ckckckckckc…

6. Memiliki kemampuan membunuh perasaan
Layaknya orang introvert kebanyakan, saya adalah orang yang lumayan cerdas dalam menyembunyikan emosi dan perasaan. Saya bukanlah orang yang mudah menangis ketika ada acara-acara muhasabah maupun ketika ada keluarga yang meninggal. Tapi anehnya, saya suka terharu nonton film India..hehe..
Satu lagi, ketika mencintai wanita, saya selalu berprinsip bahwa wanita di dunia ini banyak, jangan putus asa ketika tidak memiliki kemampuan untuk memilikinya. Saya dengan mudahnya dapat mensugesti diri saya secara positif ketika saya tidak memiliki kesempatan untuk memiliki seorang wanita yang saya idamkan.
Selain itu, Saya adalah orang yang akan mencoba untuk selalu tersenyum dalam kondisi bahagia, sedih atau tidak menyenangi seseorang. Menurut saya, ketika kita tersenyum maka kita tidak akan menularkan masalah kita kepada orang lain.

7.Tidak suka diperhatikan
Entah rendah diri atau apa, kadang saya suka salting kalo ada yang memperhatikan (apalagi yang merhatiin lawan jenis..ehem). Saya juga suka kehilangan nafsu makan kalo ada cewe yang ngeliatin atau duduk di hadapan saya. Saya juga tidak suka pamer, menurut saya kalo seseorang hebat tidak perlu pake acara show off segala…lama2 juga orang bakal tau kalo kita emang benar-benar hebat. Konsekuensinya, kadang saya sering dibilang sombong ketika saya membeli suatu barang bagus dan gak bilang2..weird!
Satu yang mungkin saya sukai adalah membagi dan sharing pemikiran (via tulisan), bukannya narsis dengan pemikiran tetapi karena saya suka memberi ilham dan memperoleh feedback dari orang lain.

8. Guagakmautau
Meski terdengar apatis, tapi sifat guagakmautau ini menjadi semacam fungsi kontrol buat saya untuk tidak terlalu mencampuri urusan pribadi orang lain. Saya tidak begitu peduli ketika ada teman saya yang lebih pintar, lebih kaya, lebih hebat atau lebih2 lainnya. Paling gak hal ini membuat saya tidak pernah syirik atau iri hati. Tidak munafik terkadang ada rasa sedikit tidak senang, tetapi mengingat yang bahagia adalah teman kita, saya mensugesti bahwa “Ok,Its Okay” Hahaha…Saya cukup bahagia dan bersyukur dengan kondisi saya. Di lain sisi, sifat guagakmautau juga mencegah saya dari perbuatan-perbuatan orang yang mencoba menjebak saya. Saking guagakmautau-nya..id guagakmautau@yahoo.co.id jadi email utama saya..,akibatnya jadi mendarah daging..Hahaha..

Saya akui,dulu saya adalah orang yang sangat care pada orang lain, namun karena kepedulian saya sering dimanfaatkan dan disalahartikan..saya berpaling menjadi sedikit apatis dan hanya memberikan kepedulian saya kepada mereka yang mengerti jika saya peduli.Terdengar aneh?? Itulah saya…Wkwkwkwkw..

9.Tidak suka menarik kembali perkataan
Saya adalah orang yang memegang teguh kata-kata. Saya adalah orang yang senantiasa menepati janji dengan segenap darah penghabisan saya, karena menurut saya orang yang tidak memegang janji adalah orang yang benar-benar tidak bisa dipercaya dan dipegang kata-katanya. Karena hal inilah, saya tidak terlalu suka mengumbar janji. Saya tidak akan berjanji jika saya pikir saya tidak bisa memenuhinya.

10. Tidak terorganisir dengan baik
Liat kamar saya, anda tau maksud saya..hahaha..meski demikian saya selalu mencoba hidup terorganisir. Uang saya berserakan dimana-mana dan di dompet saya uang ga karuan bentuknya. Satu hal lagi, saya jarang (hamper tidak pernah) menghitung kembalian. Hal yang pernah saya lakukan untuk mengobati penyakit ini :

a. merapikan kamar secara intensif
b. membukukan keuangan di Microsoft excel
c. melakukan kegiatan-kegiatan rutin

11. Cepat bosan
Hal ini dikarenakan terkadang saya kehilangan target karena sering melakukan suatu perbuatan demi kebutuhan afiliasi semata. Terkadang saya menyingkirkan ego pribadi sehingga terkadang saya harus mengorbankan diri untuk suatu kondisi. Karena cepat bosan, saya suka melakukan dan memikirkan hal-hal baru. Saya juga suka melakukan hal-hal yang spontan (unplanning).

12. Pendiam
Kalo orang yang tidak kenal dengan saya, maka imej ini akan menempel di kening mereka. Mereka tidak pernah benar-benar tahu saya. Taunya mereka, saya pendiam dan anak baik-baik..padahal di belakang siapa yang tahu?? Hanya mereka-mereka yang mengenal saya sajalah yang akan membantah karakter saya yang pendiam ini..Hoho..

13. Suka melakukan sesuatu dengan sendiri
Saya adalah orang yang percaya dengan kemampuan saya sendiri.Kesendirian membuat jiwa saya tenang dan fokus untuk melakukan sesuatu. Di lain sisi, saya tidak pernah bisa mempercayai orang sebagaimana saya mempercayai diri saya sendiri.. Hal ini bukan tanpa alas an, tapi berdasarkan pengalaman. Begitu banyak orang yang saya percayai mengecewakan saya. Mungkin ini adalah satu tabiat buruk saya, saya tidak mempercayai ada orang yang benar-benar baik di dunia ini.

14. Susah bilang tidak (Mr.Yes)
Kembali lagi pada hal sebelumnya, demi menjaga hubungan baik terkadang saya suka mengabaikan ego saya sendiri. Pernah saya coba menjadi keras dan tegas, tetapi saya tidak nyaman dengan kepribadian demikian.

15. Tidak suka mengambil yang bukan hak saya
Saya konsisten untuk menanggung konsekuensi dari tindakan yang saya buat. Jika saya pikir saya tidak layak untuk sesuatu, maka saya tidak akan mengambilnya. Saya tidak suka curi-curi.

16.Sekali tidak dipercaya, saya tidak akan mau diberikan kepercayaan lagi
Saya bukan jangkar yang ketika dicampakkan bisa diangkat kembali. Bukannya saya pendendam, tetapi saya tidak suka dilecehkan dan diinjak-injak martabatnya.

17. Tipe damai
Saya tidak suka nyari gara2 atau jadi biang keributan. Saya menghindari konflik. Terkadang saya keluar dari medan perang bukan untuk kabur, tetapi semata-mata untuk menghindari perang yang tidak semestinya.

18. Bergerak berdasarkan (tergantung) perspektif orang lain
Terkadang saya suka membatalkan apa yang mestinya halal-halal saja saya lakukan demi menjaga perspektif orang lain tetap pada koridornya. Namun hal seperti ini kadang membatasi gerak saya sehingga saya harus mengimbangi kepribadian ini dengan kepribadian buatan saya (kepribadian mutan/kepribadian artificial) “Guagakmautau”. Alasannya, karena yang tergantung gak pernah di atas, dan yang dibawah selalu diinjak-injak. Saya pikir anda cukup paham soal ini.

19. Tidak suka dengan cara pandang parsial
Beberapa orang suka menjudge bahwa A lebih baik dari B dengan meng-compare secara tidak cover both side, ini jelas merupakan sebuah ketidakadilan. Saya tidak terlalu suka ketika ada yang mengatakan bahwa perasaan (hati) adalah segala-galanya diatas sebuah pemikiran (otak), padahal Sang Pencipta menciptakan keduanya secara berimbang pada diri kita masing-masing sesuai dengan porsi. Bukannya saya mengatakan Judgement haram tetapi Judgement lah sesuatu secara adil karena tidak akan ada sebuah keputusan tanpa sebuah judgement.

20. Memiliki pemikiran luas
Hal ini sering menyebabkan saya terkesan tidak memiliki frame berpikir yang tegas. Meski dengan basic pendidikan engineer, tetapi saya merasa saya memiliki frame berfikir anak seni rupa (ibarat kacamata hampir frameless). Akibatnya lagi, saya jadi sering merasa out of topic dan tidak konsisten, labil, fragile dan lain sebagainya. saya suka duduk di belakang pas kuliah, karena visi jadi lebih luas, bisa ngamatin orang lebih banyak juga. bisa liatin diva2 kampus juga..hahaha

Saya selalu membuka mata saya bahwa saya bukanlah orang yang sempurna. Untuk itu setiap satu argument, saya selalu menyediakan segala kemungkinan data pro dan kontra untuk argument tersebut..sehingga ketika argument saya dibantah saya sudah memiliki kesiapan mental untuk itu.

21. Memiliki kemampuan komunikasi lebih baik di tulisan ketimbang lisan
Ketika menyampaikan suatu hal dengan lisan, saya sering merasa ada hal yang miss..belum lagi kalo garing. Saya mencoba mengatasi hal ini dengan senantiasa melakukan komunikasi efektif dengan teman-teman. Untuk menjadi hebat dan menjadi orang yang berpengaruh, sepertinya kita mesti memiliki kecakapan lisan, tulisan, dan perbuatan. At least professor saya pak Ofzar Z Tamin pernah ngomong gitu..Hahaha..

22. Diam-diam menghanyutkan
Ini dulu kata guru SD saya..sekarang saya gak yakin masih apa gak. Satu yang saya sadari dengan penuh keyakinan adalah saya terkadang merasa saya dapat mengerjakan apa yang tidak dapat dilakukan orang lain. Saya sering kesal sendiri di kelas ketika melihat teman saya tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan dosen. Di satu sisi saya tidak berani mengacungkan tangan untuk menjawabnya meskipun saya tau. Entah saya tidak percaya diri, entah saya tidak suka dengan perhatian orang lain (show off). Dengan menyingkirkan segala perhatian orang lain, akhirnya saya mulai memberanikan diri untuk melakukan apa yang ingin saya lakukan.

23. Saya orang yang kaku
Saya juga tidak tau hal ini masih melekat pada diri saya atau tidak..tetapi saya sempat pernah menjadi orang yang sangat freak untuk mematuhi norma dan peraturan. Kalo boleh flashback ke masa kelas 6 SD..Saya pernah tidak memberikan contekan PR matematika geometri saya kepada teman-teman saya saat itu. Akibatnya, seluruh kelas mendapatkan pukulan penggaris kayu dari Pak Sirajudin yang galak, KECUALI SAYA. Saya merasa berdosa jika mengenang masa itu, akhirnya perlahan saya mulai bergerak berorientasi afiliasi dengan terkadang sedikit mengabaikan norma dan peraturan.

24.Kurang merawat diri/ tidak begitu peduli penampilan
Baiklah, saya orang konservatif dengan gaya rambut tidak pernah berubah,belah kanan. Meski pernah cepak-gondrong-cepak-gondrong tetap saja saya orangnya bukan metroseksual. Untuk urusan satu ini, saya bodo amat dan guagakmautau kalo harus make kaos oblong dan sandal jepit pas kuliah. Mungkin terkesan tidak sopan, tetapi saya tetap menghargai dan menghormati dosen dengan kondisi apa adanya dan tidak dibuat-buat..terkesan maksa alasannya..hahahaha..

Urusan makan kadang gak teratur,sering lupa makan malah. Saya juga terkadang kurang memperhatikan kesehatan, tidur larut sesuka hati (insomnia)

25. Pemalas dan suka menunda-nunda pekerjaan
Ehm..malas ini penyakit yang paling susah ngobatinnya. Saya yakinnya sih ini bukan penyakit turunan. Hanya sepertinya terkadang saya sering lupa visi dan terlena oleh keadaan.

26. Pengingat dan pendengar yang baik
Pendengar yang baik, karena saya selalu bisa jadi tempat curhat buat teman-teman saya. Meski terkadang kondisi saya sendiri butuh pertolongan, saya tidak sungkan untuk menolong.
Jika anda pernah berhutang kepada saya, maka saya pastikan saya tidak akan lupa dengan hutang anda kepada saya. Saya tidak akan menagih memang, saya hanya akan mengandalkan kesadaran diri anda. Hal inilah yang terkadang membuat saya tidak percaya dengan orang lain..karena saya sering merasa banyak orang yang kurang kesadaran diri. Satu hal lagi, saya sangat tidak suka kehilangan sesuatu meski kecil dan tidak berharga, saya menyimpan seluruh memorabilia yang ada..bahkan saya tidak pernah membuang berkas2 ujian dan kertas saya sejak TPB termasuk print out penarikan ATM..haha..Makanya, saya tidak akan mempercayai orang yang tidak mengembalikan barang pribadi saya. Maaf Tuhan saya (tidak) ikhlas..

27. Suka mencari pelampiasan
Karena saya tidak begitu ekspresif, maka saya lebih memilih menyalurkan emosi saya pada hal-hal lain di luar masalah. Tidak heran jika mungkin anda menemui saya sudah berada di ujung kota Bandung sendiri mutar-muta naik motor, atau kebut2an di pasupati naek motor 2 tak jam 12 malam..Itu Cuma salah satu pelampiasan, masih banyak metoda lainnya..Wkwkwkwkw..

28. Tidak banyak meminta
Well, waktu kecil di Bandung..orang2 nyebut saya anak yang “Bageur” banget, jajan sama mama ke kedai tapi gak pernah minta belanjaan. Sampai SMA bahkan untuk beli motor saja saya harus ditawari ortu dulu. Saya (dahulu) orangnya sangat sungkan, tidak pernah meminta dan menerima kecuali ditawari, itupun yang nawarin maksa. Sekarang dunno ya..terkadang kita harus sedikit MT dan tidak tahu malu…CMIIAW

29. Senang joke dan buat joke

Meski tekadang garing, guagakmautau. Yang penting harus selalu ada yang dibecandain. Hal ini mulai intense saya lakukan dengan teman2 saya. Caci, cela dan maki adalah bahan joke paling menarik. Hal ini selain lucu juga membuat mental-mental kami jadi kuat..Love u All Guys..hahahahaha…

30. Lemah dalam kemampuan pengenalan deduktif
Bahasa gampangnya, terkadang saya tidak bias mengenali orang dalam satu kali pandang. Hal ini mungkin karena fokus dan pikiran saya sering melayang. Saya hanya bias mendefinisikan objek itu adalah teman saya peling tidak ketika saya punya waktu paling kurang 10 detik untuk mengamatinya. Hal ini membuat saya terkesan sombong..tapi percayalah teman, I didn’t do it on a purpose, trust me!!. Saya akan selalu berusaha menyapa kalian asal saya pernah mengenal kalian semampu saya..hehe

31. Ceroboh dan tidak teliti
contoh kasus :
Sering kurang uang kembalian, ga pernah ngitung soalnya. Sering kehilangan kunci sama sepatu. Ujian paling kesal ga bisa karena ga teliti daripada ga bisa emang karena ga bisa..Ampas!

32. Penjijik
Saya tidak tahan melihat darah sama tahi (kecuali punya sendiri ..) Kadang saya bisa muntah tak tertahankan melihat sesuatu yang menjijikkan. Ini alasan kenapa saya ga mau disuruh jadi dokter.

33. Tidak suka orang tau banyak tentang saya
I love being unthinkable, I love being untraceable/untrackable, I love being unmeasureable..and I Love privacy very much!
Sebenarnya saya tidak suka membuka rahasia..tapi dengan harapan orang lain juga belajar untuk memahami diri sendiri, saya berkorban buka kartu saya nih!! haha..

Saya pikir cukup 33 dlu, sebenarnya ada 1001 keribadian lainnya lagi. Tapi berhubung 33 kepribadian saja sudah cukup panjang ada baiknya kita akhiri di sini saja. Kita sampai pada kesimpulan bahwa ternyata dari keempat kepribadian di atas tidak ada yang benar-benar “gw banget”. Okelah, saya mungkin antara Steadiness dan Compliance tapi bukan berarti saya tidak memiliki irisan kepribadian Dominan dan Influence. Hal yang sama pernah saya tanyakan pada Bu RR Sri Wachyuni dosen MPD saya, dan menurutnya itu wajar jika kita merasa tidak salah satu. Ada kemungkinan kita memiliki kepribadian berimbang pada tiap jenis kepribadian di atas. Ada baiknya kita harus belajar untuk fleksibel dan mengatur kepribadian kita sesuai dengan kondisi yang dihadapi. Pertanyaan kedua saya tanyakan, ketika kita tahu kepribadian kita dan kita tidak nyaman dengan kepribadian kita tersebut, lantas apa yang kita lakukan?? Menuru dosen saya tersebut, adalah hal yang lumrah ketika kita dihadapkan pada kondisi yang tidak nyaman dengan kepribadian kita. Justru di sinilah kita dituntut untuk tumbuh berkembang menjadi pribadi yang dinamis. Kita dituntut untuk adaptif dan belajar memahami kondisi sosial lingkungan sekitar kita.Toh, kita bukan hanya mahluk individu dengan keunikannya kan?? Tapi juga makhluk sosial yang membutuhkan makhluk lainnya.

Menurut saya itu ada benarnya, bukan berarti kita belum menemukan jati diri kita, labil, berkepribadian ganda, atau tidak berkepribadian sama sekali.

Oke, sepertinya ini adalah postingan terpanjang non-sekuel yang pernah saya buat (FYI,10 page word letter nih..). Saya berharap postingan ini bermanfaat buat kita semua. Saya juga tentunya berharap ada feedback dari pembaca yang dapat membantu saya mengenal diri saya.
I told you a piece of my secret..Would you like to tell me yours??^^

Comments
  1. The Queen says:

    huahahahhaha panjang aboyyyyy..edo menelanjangi dirinya sendiri disinii..like tihis deh!well..kalo gw disuruh milih gw juga bingung gw termasuk yang mana..SERIUS bingung!!biarkan itu menjadi misteri aja deh hahahhahaha…

    a piece of ur secret..
    point 3 bener banget tuh..hehehe
    point 6 setuju,saya sedang belajar seperti itu..senyum senyum senyum dan tularkan (mengambil tagline matasapi)
    point 7 bener juga ya..hahahahah heran deh ada orang yang ga suka diperhatiin..ahhhh i wish i have that..😦
    point 8 LU BANGET..kalo udah ga mau tau ya udah..ilang..hehehe
    point 21 itu saya setuju sekaleeeeee…mungkin karena itu lu jadi diam2 menghanyutkan..kalo kata gw mah JAGO KANDANG hehehehe *kaburrrrr*
    point 24 iya gitu??perasaan tiap ketemu selalu rapi deh lu..0.0?
    point 26 SETUJU..lu emang pendengar yang baik..i admit that!

    anw..HAHA..edo edo..yang kliatannya diem tapi kalo udah ngomong ga bs berhenti dan paling ga tahan kalo udah ngegaring,pengen nabok rasanya!hahahah..masi ga bisa makan di depan cewe doo??hihihihihi..

    ini komen terpanjang gw juga keknya..hihihihi wah wah lucu lucu..😀

  2. ED says:

    Percayalah, ini baru 1 persen dari 99 persen bongkahan es yang terapung di laut arktik, masi yang keliatan di atas muka laut..buktinya masi banyakan kebaikan gw kan??..thx for feedbacknya Dee..hehe

Leave a Reply

