Voijrider : Solusi Kemacetan Kota Bandung??

Posted: July 20, 2010 in berita, otomotif
Tags: , , ,

Saya baru saja balik dari mutar-mutar gak jelas di kota Bandung. Iseng jalan-jalan sore sama Nina, sekalian mantau jalanan Kota Parahyangan ini yang akhirnya perlahan-lahan diperbaiki dengan lebih serius oleh Pemerintah Daerahnya.

Beberapa ruas yang saya lewati seperti Jalan Sangkuriang dan Jalan Sumur Bandung pada akhirnya di aspal ulang, sangkuriang ke arah cisitu dioverlay kembali dengan aspal, begitu juga arah Siliwangi ke Cihampelas. Sementara ruas Siliwangi yang dekat dengan MCD Simpang Dago “di-overlay” dengan beton (perkerasan rigid).

Senang juga karena pada akhirnya kemacetan yang disebabkan perbaikan jalan kemarin sudah berkurang. Jauh lebih senang tentunya melihat jalanan yang kembali menjadi mulus setelah di-“skin care” sama empunya kota.
Semoga gak ada muatan politis di dalamnya yak..hehe

Ngomong2 politik, tadi saya lewat Jalan Tamansari, turun dari arah UNISBA ke simpang Wastukencana. Niatnya sih mau ke Braga, tapi sesaaat sebelum melintas tiba-tiba saja sejumlah polisi menyetop kami, para pemakai kendaraan bermotor yang akan melintas.
Sejumlah polisi termasuk polisi militer sudah berjaga-jaga di tepi jalan.

Saya pikir tadinya razia gabungan buat nangkap orang ganteng seperti saya..pyuff, untungnya cuma serangkaian proses pengawalan elit politik.

Lumayan lama saya berhenti menunggu rombongan pejabat yang mau lewat itu. Mungkin ada sekitar 10 menitan saya harus mengalah untuk menunggu dan memberi jalan kepada orang penting-orang penting bangsa ini yang mau lewat. Gatau rombongan Gubernur Jawa Barat, Presiden RI atau para mentri yang lewat.Tapi yang pasti ada sejumlah sedan mewah pelat merah diikuti rombongan Voijrider dan sejumlah mobil Patwal.

Saya sebenarnya tidak bermasalah dengan prosesi pengawalan semacam ini. Orang kecil seperti saya mungkin sudah terbiasa menjadi penonton ritual protokoler keamanan tingkat 1 seperti itu. Paling si Nina (tunggangan saya) yang harus didiamin terlebih dahulu biar doi gak meraung-raung.

Saya sendiri malah senang bisa lihat jalanan yang tadi macet tiba-tiba menjadi jalan bebas hambatan karena proses pengawalan tersebut. Belum lagi parade iringan-iringan para Voijrider yang dengan gagahnya mengendarai ‘kuda’ 1300 cc mereka. Dahsyat!!

Mungkin tadi saya gak ada bedanya dengan anak kecil yang dengan senangnya melambai-lambaikan tangannya pada konvoi orang-orang elit tersebut dan berharap mendapat balasan lambaian tangan dari mereka.
Enaknya jadi orang penting ya, bisa terhindar dari macet. Haha..

Iseng-iseng googling dengan keyword ‘Voijrider’ akhirnya saya menemukan foto di bawah ini. Yup, foto Pak SBY yang lagi dibonceng sama Voijrider. Kalo saya tidak salah, Motor besar Polisi ini adalah Honda Goldwing, salah satu motor anyar keluaran pabrikan motor dengan logo sayap tersebut.

Sekilas Voijrider dan kawan-kawan seolah menjadi jawaban dari permasalahan kemacetan di kota ini, paling tidak hal inilah yang dirasakan para pejabat yang memakai jasa mereka. Jalanan yang tadi penuh dengan PKL langsung disulap menjadi kawasan bersih dan ramah terhadap para pengguna kendaraan bermotor. Simpang bersinyal-pun menjadi kehilangan kuasanya ketika mereka-mereka yang lewat adalah para penegak hukum itu sendiri (Saya tidak menyebut mereka kebal hukum).

Memang sudah bukan rahasia umum jika pengamanan dan fasilitas nomor wahid adalah suatu hal yang menjadi hak mereka para petinggi negara. Terlepas dari kontroversi yang ada, setidaknya semua hak-hak khusus itu dijadikan pemacu bagi para petinggi negara maupun daerah untuk menjalankan kewajiban mereka dengan sebaik-baiknya.

Hak rakyat atas persamaan posisi di Jalan Raya sudah direnggut, semoga hak masyarakat akan kemakmuran dan kesejahteraan di negeri ini tidak direnggut juga dengan segala macam manuver-manuver sejenis korupsi dan kawan-kawannya.

Btw, saya gak jadi ke Braga karena jalan Merdeka juga ditutup karena konvoi para pejabat tadi. Saya curiga kemungkinan besar konvoi tadi adalah konvoi kepresidenan, soalnya tidak pernah sebelumnya saya lihat pengamanan begitu ketatnya.

Sampai-sampai ratusan satpol PP dan Polisi begitu berjubelnya di depan Jalan Merdeka tadi siang. Gak mungkin mereka lagi berburu diskon baju lebaran bareng kan?

Btw, selamat datang di Kota Bandung Pak, Bu..
Kapan-kapan saya boleh pinjam Pasukan Voijrider-nya gak?? Hehe..

NB: setelah update info dari detik, ternyata yang datang Wapres RI (dalam rangka peresmian uang kertas baru nominal RP 1000 dan RP.10.000 di Bank BI)

Pic source
Pic Source

Leave a Reply

