Buih

Posted: March 21, 2011 in agama
Tags:

Melihat kisruh di timur tengah dan Afrika akhir-akhir ini, saya jadi ingat sesuatu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingatkan kita yang berada di akhir zaman ini, dalam salah satu sabdanya :

“Hampir terjadi keadaan yang mana ummat-ummat lain akan mengerumuni kalian bagai orang-orang yang makan mengerumuni makanannya. “

Salah seorang sahabat berkata; “Apakah karena sedikitnya kami ketika itu?”

Nabi berkata: “Bahkan, pada saat itu kalian banyak jumlahnya, tetapi kalian bagai ghutsa’ (buih kotor yang terbawa air saat banjir). Pasti Allah akan cabut rasa segan yang ada didalam dada-dada musuh kalian, kemudian Allah campakkan kepada kalian rasa wahn. “

Kata para sahabat: “Wahai Rasulullah, apa Wahn itu?”

Beliau bersabda: “Cinta dunia dan takut mati. “

(HR Abu Daud no. 4297, Ahmad 5/278, Abu Nu’aim dalam At Hilyah l /182 dengan dua jalan dan dengan keduanya hadits ini menjadi shohih)

Lucunya lagi, konon Islam ini kelak bukan hancur karena musuh. Tapi hancur karena dirinya sendiri.

Kata Beliau lagi: “Jangan sampai selain itu, yaitu kalian akan saling berlomba-lomba, kemudian saling mendengki, kemudian saling membelakangi,kemudian saling membenci -atau yang sejenisnya kemudian kalian berjalan dihadapan muhajirin yang miskin dan sebagian kalian memakan sebagian. “ (HR Muslim no_ 2962)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Sesungguhnya Allah telah melipat bumi ini bagiku, maka aku melihat bagian timur dan baratnya. Dan ummatku akan sampai kekuasaan mereka seperti yang ditunjukkan kepadaku. Aku juga diberi perbendaharan merah dan putih (emas dan perak yang itu adalah harta benda kerajaan Persia dan Rumawi) dan aku meminta kepada Allah untuk ummatku agar tidak dibinasakan dengan kelaparan setahun yang membinasakan mereka. Dan agar jangan sampai mereka dikuasai musuh selain diri mereka sendiri hingga akan dihancurkan mereka hingga akar-akarnya.”

Dan Allah telah berfirman :
“Wahai Muhammad, Sesungguhnya Aku bila menetapkan suatu ketetapan, maka itu tidak bisa ditolak. Aku memberikan bagi ummatmu untuk tidak dibinasakan dengan kelaparan setahun. Dan Aku tidak jadikan berkuasa mereka satu musuhpun selain diri sendiri yang akan menyerang mereka sendiri walau musuhnya sudah bersatu dari berbagai penjuru. Hingga diantara mereka sendiri yang saling menghacurkan satu dengan lainnya” (HR Muslim no. 2889)

Dari hadis qudsi terakhir, saya menyimpulkan bahwa musuh terbesar dari Umat Islam itu adalah diri mereka sendiri. Umat Islam kini begitu lemah, mudah diprovokasi, berpikiran picik dan susah melepaskan diri dari ketergantungan kehidupan duniawi. Yah, they destroys each others!! Ah..nasibmu buih. Jadi mau gimana?? Berbuih pun tulisan-tulisan seperti ini, jika tidak ada kesadaran diri dari tiap kita, hanya akan menjadi sumbangan moril yang tak berarti apa-apa….

Pic Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s