Sikap Berjalan Raya

Posted: April 12, 2011 in civil engineering
Tags: ,

Pernah gak mengalami hal begini. Pertama, kita nyalip kendaraan lain, Eh terus kendaraan yang disalip gak terima dong.., lantas dalam hitungan sepersekian detik, jalan raya tadi tiba-tiba saja jalan berubah menjadi sirkuit, tempat menjajal aji performa. Si kendaraan yang di salip gak terima kalo kesuperioritasan kendaraannya tergeser begitu saja.

Yang kedua, pernahkah ketika Anda sedang berjalan santai, jalan-jalan sore misalnya, eh tiba-tiba ada kendaraan di belakang yang ngaloksonin terus-terusan, berteriak minta dikasih jalan??

Pada kadarnya, klakson memang merupakan alat komunikasi efektif di jalan raya, tetapi kalo sudah keterlaluan, klakson bisa saja menjadi media intimidasi kepada pengguna jalan lainnya..

Sepertinya attitude atau sikap berjalan raya, merupakan sebagian kecil dari refleksi kehidupan kita sehari-hari. Ada rasa iri hati ketika ada yang jauh lebih superior dari kita. Tetapi anehnya, ketika ada yang jauh lebih inferior, eh kok ya malah dicaci. Sungguh merupakan sebuah ironi, bukan?

Nah, Sopan-santun di jalan raya tidak kalah pentingnya dengan sopan-santun dalam kehidupan sehari-hari. Bukan kenapa-kenapa, karena hal ini terkait dengan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain. Jangan mudah terprovokasi oleh kendaraan yang ngebut, menyalip kendaraan kita. Berikan sedikit empati, karena kita tidak tahu alasan apa si pengendara tersebut kebut-kebutan, mungkin saja dia sedang terburu-buru.

Begitu juga sebaliknya, ketika ada kendaraan yang berjalan pelan, kita bisa dengan santun menekan klakson untuk meminta jalan. Harus kita sadari bahwa terdapat perbedaan karakteristik manusia dalam mengendarai kendaraannya, ada faktor usia, ada faktor kelamin dan bahkan ada faktor kecepatan reaksi terhadap impuls yang diberikan kepada mereka.

Maka dari itu, marilah kita sama-sama berempati, bertoleransi dan saling menghormati satu sama lain, guna tercipta sistem transportasi yang nyaman, aman dan “bersahabat”.

Pic Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s