Akselerasi !!!

Posted: May 20, 2011 in Foto, otomotif
Tags:

Salah satu montir kepercayaan saya pernah bilang bahwa tiap motor punya karakternya masing-masing. Motor klasik dan motor sport tentu saja memiliki “soul” yang jauh berbeda satu sama lain. Mulai dari karakter mesin, akselerasi, ketahanan, perawatan dan lain sebagainya. Tidak mungkin membandingkan akselerasi atau bahkan ketahanan mesin (endurance) secara terpisah dari kedua jenis motor tersebut. Toh, memang kedua motor ini memiliki passion-nya masing-masing.
Lain cerita jika ingin membandingkan secara keseluruhan aspek yang ada (overall).

Sedikit kecil hal yang saya tahu mengenai motor sport, dalam hal ini motor bermesin 2 tak adalah motor ini merupakan motor dengan akselerasi ‘dewa’ , bobot ringan, boros bahan bakar dan ketahanan mesin yang tidak setangguh motor bermesin 4 tak.
Ini adalah harga mahal yang harus dibayar oleh sebuah motor 2 tak.

Hal ini tentunya dikembalikan lagi kepada cara buka tutup gas dan kemampuan penungganganya memainkan persneling. Kalau soul-nya sudah ditemukan maka seluruh karakter liar yang terdapat pada motor tersebut semestinya dapat dikendalikan.

Nah, buat yang bilang motor 4 tak (beberapa motor tua kebanyakan mengusung mesin jenis ini) akselerasinya lemot, tidak salah memang. Tapi jangan salah, ada juga motor 4 tak yang mampu mengawinkan antara aspek akselerasi dan ketahanan mesin dalam satu jenis motor.

Silahkan cari di Internet Yamaha V Max dan Ducati Diavel. Ini adalah 2 motor yang konon katanya memiliki titik temu optimal antara endurance dan acceleration. Tapi tentu saja tidak murah, karena harus dibayar mahal dengan kubikasi mesin yang sangat besar dan banderol harga yang tentunya tidak kalah besar pula.

Harga tidak berbohong. So, kalo mau yang besar-besar…harus siap merogoh kocek dalam-dalam.

Keep safety Riding!!!!🙂

(nasehat terkhusus buat diri sendiri)

Pic Source
Pic Source
Pic Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s